Gejala Kanker Kulit dan Jenis Kanker Kulit

Gejala Kanker Kulit dan Jenis Kanker Kulit - Gejalakanker.net,- Jumlah penderita kanker kulit di beberapa negara seperti Inggris, Australia dan Amerika terus meningkat setiap tahunnya. Sementara itu di Indonesia sendiri, perkembangan jumlah penderita kanker kulit tidak sebanyak di negara-negara tersebut.

Namun tentu saja, kanker kulit tetap harus diwaspadai. Kanker ini cukup berbahaya karena dapat merusak penampilkan dan menyebabkan kecacatan. Bahkan pada stadium lanjut, kanker kulit juga bisa berakibat fatal. Oleh sebab itulah, Anda benar-benar harus memperhatikan dan mempelajari gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya.

gejala kanker kulitGejala Kanker Kulit dan Jenis Penyakit Kanker Kulit

Gejala kanker kulit ini umumnya berkembang di area kulit yang sering terekspos sinar matahari, seperti kaki, tangan, bibir, telinga, wajah dan kepala. Namun pada sejumlah kasus juga ditemukan kanker kulit yang menyerang bagian yang jarang tekena matahari seperti area organ genital dan telapak tangan. Kanker kulit dikelompokan kedalam beberapa jenis. Oleh sebab itulah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa gejala berdasarkan jenis kanker yang diderita.

Jenis-jenis Gejala Kanker Kulit

Karsinoma Sel Basal

Karsinoma sel basal merupakan kanker yang menyerang area yang sering terekspos cahaya matahari seperti wajah dan area leher. Karsinoma sel basal sendiri memiliki sejumlah gejala yang mudah dikenali, seperti :

  • Timbulnya benjolan yang mirip seperti mutiara. Benjolan tersebut juga terkadangan memiliki permukaan yang terlihat licin
  • Dibeberapa bagian, kulit akan tampak seperti bekas luka.

Karsinoma Sel Skuamosa

Sama seperti karsinoma sel basal, kanker jenis ini juga sering muncul di area yang terekspos sinar matahari. Meski demikian, karsinoma sel skuamosa umumnya lebih sering menyerang orang yang berkulit gelap.

Gejala kanker kulit karsinoma sel skuamosa yang perlu Anda waspadai adalah :

  • Kulit bersisik dan berkerak di beberapa bagian tubuh
  • Timbulnya bintil merah yang keras

Melanoma

Kanker kulit jenis ini bisa tumbuh dihampir semua bagian tubuh. Pada pria, umumnya kanker jenis ini akan menyerang bagian tubuh atas dan wajah. Sementara itu pada wanita, kanker kulit melanoma sering terjadi di bagian kaki bawah.

Kanker kulit melanoma ini memiliki beberapa gejala seperti :

  • Tahi lalat yang berubah ukuran dan warnanya. Terkadang juga muncul darah di sekitar tahi lalat yang terserang penyakit ini
  • Timbulnya area besar yang berwarna kecokelatan
  • Disejumlah bagian, terdapat pula area kulit yang berwarna biru, putih dan kemerahan. Area kulit tersebut umumnya memiliki pinggiran yang tidak beraturan

Selain ketiga jenis gejala kanker kulit di atas, terdapat juga beberapa jenis lain yang jarang terjadi seperti :

Kaposi Sarkoma

Kaposi sarkoma merupakan jenis kanker kulit langka yang berkembang di pembuluh darah. Kanker kulit jenis ini dapat menyebabkan timbulnya bercak merah atau unggu di selaput mukus atau kulit.

Karsinoma Sel Merkel

Jenis kanker kulit ini akan menyebabkan timbulnya bintil keras yang mengkilap di folikel rambut dan di bawah permukaan kulit.

Karsinoma Kelenjar Sebaceous

Karsinoma kelenjar sebaceous termasuk ke dalam jenis kanker kulit yang sangat langka. Meski demikian, kanker ini terbilang agresif dan menimbulkan bintil keras di beberapa bagian tubuh, terutama kelopak mata.

Itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai gejala kanker kulit dan jenis-jenisnya. Mohon maaf jika informasi yang kami sampaikan kurang akurat karena memang kami bukan ahli medis, kami hanya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber di internet dan kami rangkum. Mudah-mudahan kita selalu sehat walafiat.