Gejala Kanker Otak, Jenis-jenis dan Bahanyanya

Gejala Kanker Otak dan Bahayanya - Gejalakanker.net,- Tumor otak merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang tidak terkendali. Perkembangan sel yang tidak wajar ini bisa berasal dari selaput pelindung otak, sel yang menyusun jaringan otak, saraf yang keluar masuk ke otak hingga saraf tulang belakang.

Tumor otak sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu kanker otak jinak dan kanker otak ganas. Pada gejala kanker otak yang masih jinak, perkembangan sel-sel otak yang abnormal ini tidak terlalu cepat. Selain itu, tumor juga tidak menyebar ke bagian lain.

gejala kanker otak

Dampak Gejala Kanker Otak

Sementara itu pada tumor otak ganas atau yang lebih dikenal dengan gejala kanker otak stadium akhir, sel-sel tersebut akan bergerak dan tumbuh dengan cepat hingga menyebar ke bagian-bagian lain dari otak. Pada tahap-tahap tertentu, gejala kanker otak yang cukup mengganggu akan dialami oleh para penderita.

Tumor otak sendiri terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Pada tumor otak primer, tumor muncul dan berkembang dari otak. Sementara itu tumor otak sekunder berasal dari bagian tubuh lain. Gejala kanker otak atau tumor otak ini pun nantinya akan menyebar ke otak.

Diantara semua kasus kanker otak, kanker otak sekunder merupakan kanker yang sering terjadi. Seperti yang dijelaskan di atas, kanker ini awalnya berkembang di organ tubuh lain dan terus menyebar hingga ke otak.

Gejala kanker otak yang dirasakan oleh penderita sendiri akan berbeda-beda tergantung letak dan ukuran tumor yang dimilikinya. Selain itu, gejala kanker otak tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan tumor yang terjadi di otak. Gejala kanker otak pun muncul karena keberadaan tumor yang terus menekan otak.

Umumnya para penderita akan merasakan beberapa gejala kanker otak seperti :

  • Rasa sakit dibagian kepala yang tidak tertahankan. Umumnya rasa sakit ini akan sering kambuh
  • Muntah-muntah. Kondisi ini bisa terjadi secara mendadak tanpa sebab yang jelas
  • Epilepsi atau kejang-kejang. Kondisi ini pun bisa terjadi di seluruh tubuh
  • Terjadinya kedutan di salah satu area tubuh
  • Mudah mengantuk, lupa dan marah
  • Pendengaran dan pengelihatan terganggu
  • Terjadi perubahan pada kepribadian. Terkadang penderita akan melakukan prilaku yang abnormal dan sangat berbeda dengan karakternya.

Tumor yang tumbuh di dalam otak jelas akan mempengaruhi fungsi organ tubuh tersebut. Lokasi keberadaan tumor pun akan menentukan fungsi mana yang akan terganggu.

Tumor di otak bagian samping

Tumor di otak bagian samping akan menyebabkan kejang-kejang atau pingsan. Penderita juga akan sering mendengar suara dari dalam kepala dan mengalami gangguan bicara.

Tumor di otak bagian depan

Tumor yang berada di otak bagian depan akan membuat penderita tidak lagi peduli pada keadaan sekitar dan dirinya sendiri. Selain itu, penderita juka akan mengalami perubahan kepribadian serta gangguan pada indra pengelihatan dan indera penciuman.

Itulah informasi mengenai gejala kanker otak dan dampak gejala yang ditimbulkan oleh kanker otak. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bermanfat dan kita senantiasa di beri nikmat sehat oleh Alloh SWT. Aamiin.