Gejala Kanker Ovarium dan Jenis-Jenis Tumor Ovarium

Gejala Kanker Ovarium dan Jenisnya - Gejalakanker.net,- Kanker ovarium adalah jenis kanker yang tumbuh di ovarium atau indung telur. Bisa dibilang, kanker yang satu ini cukup berbahaya dan menjadi salah satu kanker yang paling banyak menyerang wanita. Di tahun 2012 saja, diperkirakan ada sekitar 239.000 kasus kanker ovarium yang terjadi di seluruh dunia.

Semua wanita dengan segala usia dapat terserang gejala kanker ovarium. Namun umumnya, kanker ini lebih banyak menyerang wanita yang berusia 50 tahun ke atas dan wanita yang telah mengalami masa menopause.

gejala kanker ovarium

Mengenal Lebih Dalam Jenis dan Gejala Kanker Ovarium

Gejala kanker ovarium sendiri terdiri dari tiga kategori, yaitu tumor epitelial, tumor stromal dan tumor sel germinal. Ketika jenis kanker tersebut dikelompokan berdasarkan sel mana yang terserang oleh kanker tersebut.

Pada tumor epitelial, yang diserang merupakan jaringan yang membungkus ovarium. Tumor epitelial sendiri merupakan kanker ovarium yang paling banyak terjadi. Bahkan dari sekitar 10 kasus kanker ovarium, 9 diantaranya merupakan kanker jenis ini.

Jenis kedua, yaitu tumor stromal merupakan kanker yang muncul saat tumor tumbuh di jaringan yang mengandung sel-sel penghasil hormon. Tumor stromal jarang terjadi dan dari 100 pengidap kanker ovarium, hanya 7 orang saja yang mengalami kanker tersebut.

Sementara itu tumor sel germinal adalah jenis kanker yang lebih sering dialami oleh wanita muda. Pada tumor sel germinal sendiri, sel kanker menyerang sel-sel penghasil telur.

Inilah Gejala Kanker Ovarium

Gejala kanker yang satu ini sangat sulit untuk dideteksi. Ini karena gejala kanker ovarium sama sekali jarang muncul saat kanker masih stadium awal. Jika ada gejala pun, gejala-gejala yang muncul akan dikira sebagai akibat dari penyakit lain seperti iritasi usus dan konstipasi. Kondisi seperti ini membuat kebanyakan kanker ovarium baru terdeteksi setelah penyakit tersebut menyebar ke berbagai organ lain di dalam tubuh.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk memperhatikan gejala kanker ovarium berikut :

  • Terjadinya pembengkakan di perut
  • Perut sering terasa kembung
  • Sering sakit perut
  • Terjadinya penurunan berat badan
  • Mudah merasa kenyang
  • Mual
  • Terjadinya perubahan pada kebiasaan buang air besar
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dengan drastis
  • Merasa sakit ketika berhubungan seks

Jangan mengangap remen gejala kanker ovarium tersebut karena jika dibiarkan, kanker akan semakin parah. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami beberapa gejala di atas.

Faktor Risiko Kanker Ovarium

Ada sejumlah faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki resiko yang tinggi untuk terserang kanker ovarium, yaitu :

Faktor Usia

Umumnya kanker ovarium lebh banyak terjadi pada wanita yang telah berusia 50 tahun ke atas.

Faktor Keturunan dan Genetika

Jika ada salah satu anggota keluarga kandung yang mengidap penyakit ini atau kanker payudara, maka Anda juga akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena gejala kanker ovarium.