Gejala Kanker Prostat dan Diagnosis Kanker Prostat

Gejala Kanker Prostat yang Harus Diwaspadai - Gejalakanker.net,- Prostat merupakan kelenjar kecil yang berada di panggul pria. Kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih ini memiliki peran penting dalam sistem reproduksi. Ini karena prostat dapat membantu menghasilkan cairan yang melindungi sekaligus menyuburkan sperma.

Saat terjadi ejakulasi pun, prostat akan mengeluarkan cairan tersebut menuju uretra, sebuah saluran yang berfungsi untuk membawa urine dari kandung kemih menuju penis. Nantinya, cairan yang dikeluarkan oleh prostat akan dikeluarkan bersamaan dengan sperma.

gejala kanker prostat5 Gejala Kanker Prostat Yang Wajb Diwaspadai

Anda tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya kanker prostat. Kanker jenis ini merupakan kanker yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali di dalam kelenjar prostat. Umumnya gejala kanker prostat sendiri tumbuh secara perlahan. Meski demikian, pada sejumlah kasus, kanker yang tersebut justru bersifat agresif dan menyebar dengan sangat cepat.

Menurut WHO, kanker ini menempati urutan kedua sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh pria. Bahkan di tahun 2012 lalu, terdapat sekitar 307 ribu kasus kematian yang terjadi akibat kanker tersebut. Sementara itu di Indonesia, pada tahun 2011 lalu sebanyak 971 orang dilaporkan menderita gejala kanker prostat. Umumnya para penderita berusia 70 hingga 79 tahun. Jumlah tersebut pun terus bertambah setiap tahunnya.

Perlu diketahui bahwa kanker ini menempati posisi ke 5 sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh para pria di tanah air. Oleh sebab itulah, Anda perlu waspada dan mempelajari gejala-gejala kanker prostat.

Mengetahui gejala kanker prostat memang tidak mudah karena umumnya, pada tahap awal kanker tersebut sama sekali tidak menimbulkan gejala apapun. Meski demikian, saat kanker prostat terlalu besar dan mulai mempengarui uretra, maka beberapa gejala berikut akan muncul.

Inialah Gejala Kanker Prostat :

  • Merasa sering ingin buang air kecil. Perasaan ini pun akan meningkat saat malam hari
  • Penis terasa panas atau nyeri ketika buang air kecil ataupun ejakulasi
  • Terdapat darah pada air mani atau urine
  • Kandung kemih selalu terasa penuh
  • Berkurangnya tekanan ketika mengeluarkan urine

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala-gejala di atas akan timbul saat kanker terlalu besar dan menyebar keluar. Meski demikian, kondisi atau gejala yang kami sebutkan juga bisa disebabkan oleh hal lain, misalnya saja terjadinya infeksi saluran kencing. Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

Diagnosis Kanker Prostat

Ada tes umum yang biasa digunakan untuk mendeteksi kanker prostat, yaitu

  • Pemeriksaan colok dubur

pemeriksaaan ini biasanya dilakukan untuk memeriksa ukuran dari kelenjar prostat penderita.

  • Tes darah

Tes yang juga dikenal dengan nama tes PSA (prostate-specific antigen) ini cukup efektif untuk mendeteksi gejala kanker prostat. Selain itu, PSA juga sering digunakan untuk kondisi lain seperti radang pada prostat dan infeksi saluran kencing.