Gejala Kanker Rahim Stadium Awal Sampai Akhir

Gejala Kanker Rahim Berdasarkan Stadium - Gejalapenyakit.net - Kanker rahim adalah jenis kanker yang menyerang leher rahim wanita. Perlu diketahui bahwa kanker ini bisa menyerang semua wanita. Meski demikian, wanita yang aktif secara seksual umumnya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang kanker rahim.

Gejala kanker rahim sendiri sulit untuk dideteksi. Ini karena di tahap awal, para penderita sama sekali tidak akan merasakan gejala kanker rahim. Gejalanya memang tidak selalu dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, pada sejumlah kasus, gejalanya bahkan tidak muncul sama sekali dan baru dirasakan saat kanker memasuki stadium akhir.

gejala kanker rahim

Gejala Kanker Rahim Stadium Awal dan Stadium Akhir

Gejala kanker rahim yang paling umum adalah terjadinya pendarahan pada vagina. Kondisi ini umumnya terjadi setelah penderita berhubungan seks. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat terjadi baik diluar masa menstruasi maupun setelah menopause. Meski demikian, mereka yang mengalami pendarahan pada vagina belum tentu menderita kanker rahim.

Oleh sebab itulah, untuk memastikan penyebab dari kondisi tersebut, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Jika dicurigai menderita gejala kanker rahim, nantinya Anda akan mendapat rujukan untuk menemui dokter spesialis.

Selain terjadinya pendarahan yang abnormal pada vagina, umumnya para penderita kanker rahim juga akan mengalami gejala- gejala lain seperti :

Gejala Kanker Rahim Stadium Awal

  • Sering keluar carian tanpa henti dari vagina. Cairan tersebut memiliki bau yang aneh. Selain itu, carian yang keluar juga terkadang berwarna cokelat, merah muda, pucat dan mengandung darah.
  • Timbulnya rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.
  • Terjadinya perubahan siklus menstruasi yang tidak diketahui penyebabnya

Gejala Kanker Rahim Stadium Akhir

Pada stadium akhir, gejala kanker rahim akan keluar dari leher rahim. Kanker pun akan menyebar ke jaringan dan organ yang ada disekitarnya. Nah di tahap ini, para penderita akan merasakan gejala yang berbeda, seperti :

  • Mengalami hematuria atau timbulnya darah dalam urine
  • Terjadinya penyumbatan ginjal atau ureter yang menyebabkan sulitnya buang air kecil
  • Terjadinya perubahaan pada kebiasaan buang air kecil dan buang air besar
  • Berat badan yang terus menurun
  • Mengalami pembengkakan pada kaki
  • Timbulnya nyeri pada tulang
  • Perut bagian bawah dan panggul sering terasa sakit
  • Kehilangan selera makan
  • Mengalami rasa nyeri pada pinggang atau punggung yang disebabkan oleh pembengkakan pada ginjal. Kondisi tersebut juga sering disebut dengan hidronefrosis.

Itulah beberapa gejala kanker rahim yang biasa dialami oleh para penderita kanker rahim. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, maka ada baiknya Anda langsung menemui dokter. Kanker rahim sendiri bisa diobati dengan melakukan operasi jika diagnosis kanker dilakukan saat stadium awal.

Nantinya proses pengobatan gejala kanker rahim akan dilakukan dengan cara mengangat kanker. Sementara rahim akan dibiarkan. Namun jika kondisinya lebih serius, maka rahim juga harus diangkat seluruhnya.