Gejala Kanker Tenggorokan dan Tahapan Stadiumnya

Gejala Kanker Tenggorokan Tahap Awal - Gejalakanker.net,- Kanker tenggorokan merupakan tumor yang berkembang di tenggorokan, baik di tonsil, laring ataupun faring. Kanker tenggorokan sendiri memiliki ciri yang mudah dikenali seperti timbulnya bintil atau bejolan di leher. Gejala lain yang muncul pada tubuh penderita akan bergantung dari jenis kanker tenggorokan yang menyerangnya.

gejala kanker tenggorokanGejala Kanker Tenggorokan dan Tahapannya

Sama seperti kanker lidah dan mulut, kanker tenggorokan yang sering dialami oleh penderita adalah jenis karsinoma sel skuamosa. Berdasarkan bagian yang diserang, gejala kanker tenggorokan sendiri dikelompokan ke dalam 4 kelompok. Ke empat jenis kanker tenggorokan tersebut adalah :

  • Kanker nasofaring
  • Kanker orofaring
  • Kanker hipofaring
  • Kanker laring

Jenis-jenis kanker tenggorokan yang kami sebutkan di atas pun memiliki beberapa gejala yang mudah dikenali.

Gejala Kanker Tenggorokan Tahap Awal

Gejala kanker tenggorokan Stadium 1, tumor masih berukuran kecil, yaitu sekitar 7 cm. Tumor tersebut pun hanya menyerang tenggorokan di bagian tertentu saja. Gejala yang muncul di tahap ini adalah :

  • Sulit menelan makanan

Merasa kesulitan saat menelan makanan adalah salah satu gejala awal yang akan dirasakan oleh penderita kanker tenggorokan. Ini terjadi karena kanker tumbuh dan berkembang ditenggorokan sehingga menghambat perjalanan makanan yang Anda telan.

  • Permukaan laring jadi terasa kasar

Jika Anda merasa permukaan tenggorokan tiba-tiba terasa kasar, maka perasaan yang tidak nyaman tersebut jangan diabaikan begitu saja. Karena bisa jadi, kanker mulai berkembang di tenggorokan Anda.

  • Perubahan suara

Perubahan suara terjadi saat kanker tumbuh di sekitar pita suara. Saat hal ini terjadi maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  • Batuk yang susah sembuh

Jika Anda tiba-tiba saja tanpa sebab yang jelas menderita batuk yang terus-menerus dan tidak sembuh-sembuh, maka sebaiknya Anda waspada karena ini bisa menjadi salah satu gejala kanker tenggorokan tahap awal.

  • Berubahnya bunyi napas

Ketika kanker mulai berkembang di tenggorokan, maka akan timbul suara aneh saat Anda bernafas.

Faktor Risiko Kanker Tenggorokan

Semua jenis kanker tumbuh dan berkembang karena mutasi yang terjadi pada sel-sel di dalam tubuh. Mutasi tersebut nantinya akan memicu pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali. Namun sayangnya, penyebab dari proses mutasi tersebut belum diketahui.

Meski demikian, pada semua jenis kanker, ada sejumlah faktor resiko yang membuat seseorang dapat terkena kanker. Pada kanker tenggorokan sendiri, faktor resiko yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit ini adalah :

  • Berusia di atas 60 tahun

Risiko kanker tenggorokan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Jenis kanker yang satu ini pun lebih banyak menyerang orang yang berusia lebih dari 60 tahun.

  • Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat memang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya dan munculnya gejala kanker tenggorokan.

Beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan munculnya gejala kanker tenggorokan adalah :

  1. Sering merokok
  2. Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan
  3. Jarang mengonsumsi buah dan sayur

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala kanker tenggorokan, semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu anda dan menambah wawasan anda dan semoga kita selalu di lindungi dari berbagai macam penyakit.