Gejala Kanker Tiroid dan Jenis-jenis Kanker Tiroid

Kenali Lebih Dalam Jenis-jenis dan Gejala Kanker Tiroid - GejalaKanker.net,- Tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk seperti kupu-pupu. Kelenjar ini berada di leher bagian depan dan berfungsi untuk mengatur denyut jantung, berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, pertumbuhan dan metabolisme.

Tiroid juga berfungsi untuk mengeluaran hormon-hormon seperti :

  • Triiodothyronin (T3) dan thyroxine (T4)

Triiodothyronin (T3) dan thyroxine (T4) merupakan dua jenis hormon yang dapat membantu tubuh dalam mengatur tingkat metabolisme. Saat kandungan hormon T3 dan T4 dalam tubuh meningkat, maka Anda akan menjadi overaktif. Sementara jika tubuh kekurangan kedua hormon tersebut, maka Anda akan merasa lemah. Berat badan pun akan bertambah.

  • Calcitonin

Hormon  yang satu ini berfungsi untuk mengatur kadar kalsium yang terdapat di dalam darah.

gejala kanker tiroid

Gejala Kanker Tiroid dan Jenis-jenisnya

Berbicara mengenai tiroid, maka ada satu penyakit yang menyerang kelenjar ini, yaitu gejala kanker tiroid. Kanker ini terjadi karena pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel abnormal yang berkembang di dalam kelenjar tiroid.

Gejala kanker tiroid sendiri termasuk ke dalam jenis kanker yang jarang terjadi. Kanker ini pun dapat disembuhkan dengan mudah jika kanker baru memasuki stadium awal. 

Kanker tersebut dikelompokan menjadi empat jenis, yaitu :

  • Karsinoma papiler

Karsinoma papiler merupakan kanker tiroid yang paling sering terjadi. Umumnya, kanker ini menyerang wanita dengan usia di bawah 40 tahun. Sebanyak 60 persen kasus kanker tiroid merupakan kanker jenis ini.

  • Karsinoma folikuler

Dari seluruh kasus kanker tiroid, sekitar 15 persennya merupakan karsinoma folikuler. Kanker tiroid jenis ini biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia.

  • Karsinoma medular tiroid

Meski dari semua penderita kanker tiroid hanya sekitar 5-8 persennya saja yang terserang penyakit ini, tetapi karsinoma medular tiroid dapat terjadi secara turun-temurun.

  • Karsinoma tiroid anaplastik

Nah kalau yang satu ini merupakan jenis kanker tiroid yang paling agresif sekaligus yang paling jarang terjadi. Umumnya mereka yang terserang karsinoma tiroid anaplastik merupakan orang yang telah menginjang usia 60 tahun ke atas.

Berikut adalah Gejala  Kanker Tiroid :

Apa saja yang akan dialami oleh parapenderita kanker tiroid? Biasanya gejala kanker tiroid yang muncul adalah timbulnya bejolan atau terjadinya pembengkakan di leher bagian depan. Namun benjolan atau pembengkakan tersebut sama sekalit tidak terasa sakit. Gejala kanker tiroid lain yang akan muncul adalah :

  • Sakit tenggorokan
  • Merasa kesulitan saat menelan
  • Suara menjadi serak dan tidak kunjung sembuh meski setelah berminggu-minggu.
  • Terasa sakit di bagian leher
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di leher

Sebagian besar pembengkakan memang disebabkan oleh kondisi yang kita kenal dengan nama penyakit gondok. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Meski demikian, kita tepat harus waspada karena bisa jadi itu merupakan gejala kanker tiroid.