Mengenal Tahapan Stadium Kanker dan Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis Stadium Kanker - GejalaKanker.net,- Kanker adalah penyakit yang disebakan oleh kontrol regulasi pertumbuhan sel-sel normal dalam tubuh yang terganggu karena sebab tertentu. Kanker sendiri terjadi saat sel-sel dalam tubuh membelah diri dan berkembang secara tidak terkendali.

Sel-sel abnormal ini nantinya bisa menyerang jaringan yang berada didekatnya. Selain itu, melalui aliran darah atau sistem limfatik, sel-sel tersebut pun dapat berpindah kelokasi yang lebih jauh.

stadium kanker

Mengenal Tahapan Stadium Kanker

Umumnya pada tubuh manusia, setiap organ memiliki jumlah sel tertentu yang membuat tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, terdapat juga mekanisme dalam tubuh yang bisa mencegah kesalahan genetika sekaligus membuang sel-sel abnormal.

Sayangnya pada beberapa orang, sistem pertahanan ini tidak bekerja dengan baik. Kondisi tersebut menyebabkan populasi sel-sel abnormal terus bertambah dan menghancurkan jaringan-jaringan yang normal.

Hingga saat ini terdapat ratusan jenis kanker yang berhasil dideteksi. Dalam dunia medis sendiri, tingkatan perkembangan dan penyebaran kanker diurutkan ke dalam beberapa stadium. Terdapat kriteria untuk menentukan jenis-jenis stadium kanker tersebut seperti tingkat penetrasi jaringan, ukuran tumor, hingga berapa banyak getah bening yang telah terpengaruh. Untuk memahami lebih dalam mengenai jenis-jenis stadium kanker, maka silahkan simak informasi mengenai tingkatan stadium kanker berikut ini.

Inilah Tahapan Stadium Kanker

Stadium 0

Stadium 0 ditandai denga munculnya ketidaknormalan sel pada salah satu bagian tubuh. Pada tahap ini, kanker masih belum tumbuh dan menyebar ke organ lain.

Umunya di tahap ini, prognosis akan sangat membantu. Berikutnya, untuk membantu menurunkan risiko kekambuhan kanker, maka diperlukan operasi pengangkatan bagian kanker.

Stadium I

Di stadium I, sel-sel abnormal dalam tubuh mulai berkumpul dan membentuk jaringan yang bersifat kanker. Di tahapan ini, kanker yang diderita kemungkinan besar masih dapat disembuhkan. Meski demikian, saat kanker sudah masuk tahap stadium I, maka harus segera dilakukan proses pengobatan.

Stadium II

Di tahap ini, penderita kanker masih memiliki kesempatan untuk sembuh yang cukup besar karna kanker masih belum menyebar ke organ-organ lain. Stadium II sendiri ditandai dengan munculnya jaringan yang berkembang hingga menjadi tumor kecil.

Stadium III

Kanker stadium III ditandai dengan tumor yang telah berkembang dan bersifat ganas. Di tahap ini, sel-sel kanker sudah mampu memasuki aliran darah yang nantinya bisa mengarah pada deteksi sistem getah bening. Ini karena sel kanker memang bisa berjalan hingga mencapai titik limpa.

Stadium IV

Dibandingkan dengan jenis-jenis stadium kanker di atas, stadium IV bisa dibilang merupakan kondisi yang paling parah. Ini merupakan stadium terakhir dimana beberapa bagian dari organ dalam tubuh telah terserang oleh sel kanker. Umumnya di tahap ini, kemungkinan untuk sembuh menjadi sangat kecil karena kanker sudah menyebar ke berbagai organ tubuh.